Didalam sebuah penelitian sendiri terdapat dua metode yakni metode kualitatif dan kuantitatif. Kedua metode ini pada dasarnya mempunyai tujuan yang sama, yakni sama-sama untuk mengumpulkan data.  Selain itu dengan menggunakan salah satu dari metode tersebut maka hasil penelitian pun bisa dipertanggungjawabkan karena langsung melakukan sebuah penelitian dan observasi. Sedangkan untuk perbedaan kualitatif dan kuantitatif bisa dibedakan sebagai berikut:

1. Cara Memandang Fakta Atau Kebenaran

Penelitian kuantitatif memandang sebuah fakta atau kebenaran berdasarkan pada objek penelitian. Peneliti sendiri harus netral serta tidak memihak. Apapun yang ditemukannya di lapangan, maka itulah fakta atau kebenarannya. Sedangkan penelitian kualitatif sendiri berangkat dari teori menuju data.

2. Pengumpulan Data

Metode kuantitatif mengumpulkan sebuah data dengan cara melakukan serangkaian penelitian berupa tes atau kuesioner. Data yang sudah dikumpulkan tersebut kemudian dikonversikan menggunakan kriteria yang sudah ditetapkan sebelumnya. Kualitas penelitian metode kuantitatif ini pun ditentukan oleh banyaknya sampel penelitian yang terlibat.

Sedangkan metode kualitatif mengorek data sedalam-dalamnya atas satu atau dua hal tertentu saja. sehingga, kualitas penelitian metode kualitatif ini sendiri tidak terlalu ditentukan oleh banyaknya sampel yang terlibat. Namun, seberapa dalam peneliti menggali sebuah informasi spesifik dari beberapa sampel yang terpilih.

3. Analisis Data

Dalam menganalisis data, metode kuantitatif dilakukan untuk menjawab sebuah hipotesis dari penelitian. Data numerik yang sudah terkumpul dianalisis dengan menggunakan sebuah analisis statistik yang akan menghasilkan hasil yang mutlak, yakni menerima hipotesis atau menolak hipotesis.

Sedangkan metode kualitatif menganalisis data tidak dimulai dari sebuah hipotesis melainkan dari sebuah rumusan masalah. Dalam hal tersebut, interpretasi peneliti sangat menentukan sebuah hasil akhir. Karena peneliti sendiri merupakan instrumen yang paling utama yang berhak menentukan sebuah arah dari penelitian. Romadecade

4. Representasi Data

Refresentasi data dari hasil penelitian kuantitatif disajikan dalam bentuk hasil perhitungan yang matematis. Hasil perhitungan tersebut dianggap sebagai fakta yang sudah terkonfirmasi. Sedangkan penelitian kualitatif disajikan dengan sebuah deskripsi yang dikonfirmasikan dengan hasil penelitian lain sebagai bahan referensi.

5. Implikasi Hasil Riset

Perbedaan kualitatif dan kuantitatif yang terakhir adalah dari implikasi hasil risetnya. Hasil metode kuantitatif berupa fakta atau teori yang berlaku secara umum, kapanpun, dan dimanapun fakta itu berlaku. Sedangkan hasil dari metode kualitatif sendiri mempunyai implikasi yang sangat terbatas pada situasi-situasi tertentu saja. sehingga hasil penelitian pun tidak bisa digeneralisasi dalam setting yang berbeda.

Itulah beberapa Perbedaan kualitatif dan kuantitatif yang bisa dipahami. Dengan mengetahui perbedaan tersebut maka akan mempermudah saat meneliti sebuah penelitian.

Kata kata Bijak´╗┐