Rumah Klasik Adat Sasadu


Rumah sasadu adalah Rumah adat Maluku Utara yang terdapat di Timur Laut Indonesia. Propinsi maluku utara terbentuk pada tgl 4 Oktober 1999 lampau, setelah melepas diri dari propinsi induknya, yakni Propinsi maluku. Meskipun termasuk propinsi yang baru, akan tetapi kebudayan Propinsi maluku Utara telah tercipta begitu lama dari kehidupan penduduk dengan beberapa suku yang tinggal disana.


Diantaranya bukti dari perkembangan penduduk Propinsi Maluku Utara dapat kita dapatkan rumah klasik adat khas yang bernama Rumah Adat Sasadu.


Rumah Sasadu mempunyai satu rancangan rumah klasik adat asli dari penduduk suku Sahu yang telah ada semenjak jaman dahulu kala di Halmahera. Rancangan rumah adat ini memvisualisasikan falsafah kehidupan orang Sahu di bermasyarakat.


Struktur Dan Arsitektur Rumah Klasik Sasadu


Rumah adat Sasadu sengaja di rancang cukuplah luas, sebab rumah sasadu mempunyai manfaat menjadi tempat pertemuan banyak orang. Rumah adat Maluku ini tidak mempunyai dinding dan hanya terbagi dalam 1 sisi saja tiada memakai sekat.

rumah klasik


oleh Karenanya rumah ini berbentuk terbuka serta cuma tiang-tiang penopang saja yang tampak. Namun tiang penopang ini tidak menanggung berat lantai yang seperti umumnya rumah adat yang berada di indonesia. Serta pasalnya rumah adat Maluku ini bukan bertipe panggung.
Tiang itu cuma untuk menyokong kerangka atap rumah saja, selain itu di bagian lantainya terhampar di atas permukaan tanah saja.


Tiang penopang rumah adat sasadu terbuat berbahan dasar kayu sagu yang banyak berada di Halmahera. Tiang-tiang penopang itu dikaitkan keduanya dengan memakai balok yang dimaksud penguat. Namun dalam menghubungkan balok-balok itu tidak memakai paku, karena sebab itu rancangan pada rumah klasik adat ini memang dibuat tanpa memakai paku.


Untuk sisi atap rumah adat Maluku utara ini memakai bahan dasar yang berasal dari alam. Bahan material utama rangka atap terbuat dari bambu yang diikat dengan memakai ijuk. selain itu di bagian atapnya sendiri terbuat dari anyaman daun sagu atau daun kelapa. walau cuma terbuat dari anyaman daun, akan tetapi atap rumah adat ini dapat bertahan lumayan lama. memarnashr.com