Kebersihan perlengkapan bayi yang digunakan sangat penting dijaga agar bayi tidak terkena infeksi kuman atau pun bakteri. Anda harus sangat cermat dalam menjaga kebersihannya, salah satunya dengan menerapkan cara membersihkan pompa ASI yang benar. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah menggunakan cara sterilisasi.

Sterilisasi Manual

Cara membersihkan dengan teknik sterilisasi dapat Anda lakukan dengan mudah menggunakan air hangat. Caranya dilakukan saat Anda akan menggunakan pompa ASI tersebut. Anda bisa melakukannya dengan merebus bagian pompa ASI selama 10 sampai 20 menit. Bagian yang disterilisasi hanya bagian pompa yang bersentuhan dengan payudara.

Bagian tersebut adalah botol, coreng, klep pompa, bagian leher pompa, dan selang pompa. Anda perlu memastikan bagian tersebut terendam dengan utuh menggunakan air hangat agar tidak ada bakteri dan kuman yang menempel. Setelah disterilkan lakukan pengeringan sampai-sampai kering agar tidak ditumbuhi jamur.

Sterilisasi Mesin Listrik

Anda bisa menerapkan cara membersihkan pompa ASI dengan metode sterilisasi menggunakan mesin listrik. Cara sterilisasi ini lebih cepat dan praktis dibandingkan cara manual. Anda tinggal memilih alat sterilisasi yang sesuai dengan kebutuhan.

Ada yang memiliki kapasitas untuk 3 botol dan ada juga untuk 6 botol. Sterilisasi dengan alat ini dilakukan sesuai dengan ketentuan yang ada di petunjuk alatnya. Tempatkan botol atau komponen pompa ASI dengan telungkup di dalam mesin listrik untuk sterilisasi.

Lakukan sterilisasi dengan alat mesin listrik ini secara rutin agar tidak ada kuman dan bakteri yang menempel. Saat melakukan sterilisasi pastikan Anda menutup alatnya dengan rapat agar proses membersihkannya lebih optimal. Setelah proses sterilisasi dengan mesin listrik ini simpanlah semua perlengkapan ke dalam lemari agar tidak terkontaminasi dengan kotoran.

Sterilisasi Dingin

Cara sterilisasi pompa ASI ini merupakan alternatif yang terbaik untuk Anda karena mudah dibawa ke mana-mana. Caranya dapat dilakukan dengan membeli cairan atau tablet sterilisasi yang bisa dibeli di toko perlengkapan bayi. Jika sudah memilikinya, masukkan ke dalam wadah yang telah berisi air secukupnya.

Gunakan cairan tersebut sesuai dengan petunjuk pemakaian. Masukkan semua bagian peralatan pompa ASI yang ingin di sterilisasikan. Lakukan selama 30 menit dengan seluruh bagiannya terendam dan boleh dilakukan lebih lama sesuai kebutuhan.

Lakukan secara rutin agar alat pompa ASI bayi Anda tetap terjaga kebersihannya. Cairan ini masih bisa digunakan dalam waktu 24 jam. Jadi, jika Anda masih ingin menggunakannya bisa dilakukan sampai semua peralatan pompa ASI sudah tersterilkan.

Saat Anda akan menerapkan cara membersihkan pompa ASI pastikan untuk mencuci tangan terlebih dahulu di ari yang mengalir. Kumpulkan alat pompa ASI di satu wadah sebelum mulai dibersihkan. Gunakan wadah berupa baskom yang memang disediakan khusus untuk perlengkapan bayi ini. Tujuannya untuk mencegah adanya kuman dan bakteri yang berbahaya.