Tips Menjalankan Usaha Wedding Organizer Supaya Bisnis Terus Maju

Akumoment – Bisnis wedding organizer kini banyak digemari oleh orang mengingat jasa dari WO di Indonesia semakin lama semakin dibutuhkan, terutama di kota-kota besar yang mayoritas masyarakatnya sangat sibuk. Namun, sebelum membuka usaha di bidang ini, sebagai pribadi yang baik kamu harus meningkatkan skill dan menambah pengalaman terlebih dahulu, baru setelah kamu merasa cukup dengan seluruh rangkaian kegiatan magang dan mencari pengalaman serta meningkatkan skill di bidang wedding organizer terpenuhi, kamu bisa lanjut ke jenjang yang lebih tinggi.

Sebelum itu hakikat dari pekerjaan wedding organizer harus kamu kuasai dengan baik, jangan sampai reputasimu memburuk karena kamu melakukan kesalahan super sepele di hadapan klien. Berikut ini hal yang harus kamu perhatikan ketika menjadi seorang wedding organizer:

Bertemu Dengan Klien

Bekerja bersama klien merupakan tujuan utama dari wedding organizer. Mendisuksikan detail performa yang diinginkan oleh klien dan merundingkan tentang penggunaan budget. Anda harus mengingat di otak Anda jika pekerjaan Anda itu berhubungan dengan venue, catering, memilih fotografer, mengkoordinir dengan artis hiburan atau music, bahkan melakukan konsultasi dengan klien mengenai baju pengantin dan kartu undangan.

Sebagai seorang wedding organizer sekaligus wedding planner Anda bertanggung jawab untuk mengkoordinasi semua aspek pesta pernikahan, terutama acara resepsinya harus diupayakan bisa berjalan dengan lancar.

Menghormati Selera Klien

Perlu Anda ingat, jika Anda merupakan penyedia jasa perenca pernikahan atau penyusun acara respesi pernikahan jadi pesta pernikahan ini pada hakikatnya bukanlah milik Anda. Memang bagus ketika Anda berusaha memberikan masukan atau saran namun jangan sampai Anda melakukan kritikan yang terlalu tajam yang mengurangi nilai respek klien pada Anda. Ketika klien Anda banyak bertanya dan meminta pendapat atau nasihat, Anda ahrus memberikan pendapat dengan baik dan tepat sasaran.

Keluarkan Skill Anda Dalam Menghadapi Banyak Orang

Pekerjaan sebagai wedding organizer mengharuskan Anda untuk selalu berinteraksi dengan banyak orang. Selain bekerja bersama klien tentunya Anda harus bekerja dengan orang-orang yang ada pada vendor pernikahan, mau mereka yang melayani catering, dekorasi, venue dsb. Kuncinya hanya satu, Anda harus menjadi pendengar yang baik, jika ingatan Anda kurang bagus, jangan lupa untuk membawa buku catatan sehingga Anda bisa mencatat hal-hal yang penting. Menjadi WO mungkin membuat Anda mudah emosional dan stress, namun penting bagi Anda untuk tampilan selalu cool dan tenang terutama di hadapan banyak orang.