Kabupaten Magelang yang berbatasan langsung dengan Jogja memiliki sebuah objek wisata yang disukai oleh pengunjung yang menyukai keindahan alam khusunya alam pegunungan.  Objek wisata tersebut adalah Ketep Pass, sebuah tenpat yang merupakan lokasi terbaik untuk menyaksikan pemandangan alam gunung-gunung di Jawa Tengah dan sekitarnya. Ketep Pass merupakan salah tempat favorit wisatawan untuk berakhir pekan. Lokasinya berada di ketinggian 1.200 mdpl membuat udara di kawasan ini sangat sejuk dan segar.

Ketep Pass terkenal sebagai tempat untuk menikmati pemandangan alam bagi para muda-mudi maupun keluarga. Di sini wisatawan bisa menyaksikan pemandangan gunung yang ada di Jawa Tengah. Gunung yang bisa disaksikan antara lain Gunung Merapi dan Gunung Merbabu yang tampak berjejer dengan indah dari tempat ini. Selain itu wisatawan dapat menyaksikan pula Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, dan Gunung Prahu yang tampak indah menghiasi dataran di bawahnya.

Wisatawan bisa pula masuk ke dalam Volcano Theater yang mana memutar film dokumentasi mengenai letusan Gunung Merapi pada tahun 2010. Selain itu wisatawan bisa melihat pemadangan alam dengan teropong yang ada di tempat tersebut. Musuh utama wisatawan di tempat ini adalah cuacanya yang tidak dapat di prediksi yang mana sering turun kabut.

Lokasi Ketep Pass:

Ketep Pass di Jl. Ketep, Ketep, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah. Lokasinya berada di cukup jauh dari Kota Jogja yaitu membutuhkan waktu sekitar satu hingga satu setengah jam perjalanan mengunakan kendaraan pribadi. Akses ke tempat sebenarnya sangat mudah namun tidak banyak transportasi umum ke tempat ini.  Jika ingin datang ke tempat ini sebaiknya mengunakan kendaraan pribadi atau sewa kendaraan. Bagi wisatawan yang sedang wisata alam di Jogja bisa mendatangi destinasi wisata ini dengan sewa elf Jogja jika datang dengan rombongan belasan orang.

Tiket dan Jam Buka Ketep Pass:

Ketep Pass buka setiap hari mulai dari Selasa hingga Minggu dan hari senin tutup. Jam bukanya mulai pukul 06:00 – 17:00 WIB  . Tiket masuk kawasan ini adalah Rp. 7.500,- per orang dan bagi untuk masuk ke museum dikenai biaya Rp. 7.000,-. Jika memakai teropong akan dikenai biaya Rp. 3.000,-

Tips Wisata Ketep Pass:

  1. Gunakan busana yang nyaman untuk lokasi di pegunungan.
  2. Pakailah alas kaki yang nyaman dipakai untuk berjalan kaki.
  3. Jangan lupa memotret setiap momen kebersamaan di lokasi ini.
  4. Jagalah kebersihan kawasan wisata.
  5. Jangan merusak dan mencoret fasilitas di tempat ini.