Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki banyak sekali objek wisata pantai yang alami dan pastinya indah. Salah satu wilayah yang selalu menjadi tujuan utama wisatawan yang menyukai pantai adalah Kabupaten Gunung Kidul. Kabupaten ini memiliki pantai-pantai favorit seperti Pantai Indrayanti, Pantai Baron, Pantai Pok Tunggal, Pantai Kukup, dan masih banyak objek pantai lainnya. Destinasi wisata yang saat ini sedang naik daun karena keunikannya adalah Pantai Timang.

Pantai Timang adalah sebuah pantai yang berada di antara Pantai Siung dan Sundak. Di pantai ini terdapat Pulau Panjang yang merupakan habitat lobster. Untuk mencapai Pulau Sepanjang terdapat sebuah gondola atau kereta gantung sederhana. Kereta gantung ini dibuat oleh nelayan setempat untuk menuju pulau tersebut yang mana mereka akan mencari lobster dan hewan laut lainnya.

Saat ini tempat tersebut digunakan sebagai salah satu objek wisata yang unik dan ekstrim. Wisatawan yang ingin mencoba bisa membayar untuk menaiki kereta gantung tersebut. Tentu saja pengalaman menaiki sebuah kereta gantung yang di bawahnya terdapat ombak samudera yang ganas menjadi sesuatu yang sulit untuk dilupakan. Karena populernya Pantai Timang bahkan digunakan untuk pengambilan gambar reality show Korea Selatan, Running Man.

Lokasi Pantai Timang:

Pantai Timang berada Padukuhan Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya cukup jauh dari Kota Jogja, diperlukan waktu sekitar 3 jam untuk tiba dilokasi ini memakai kendaraan pribadi. Bagi wisatawan yang ingin berwisata ke tempat ini dapat sewa mobil untuk mencapai tempat ini. Jika Anda datang mengunakan rombongan besar bisa sewa bus wisata di Jogja dan menjadikanya paket wisata Jogja.

Tiket dan Jam Pantai Timang:

Pantai Timang buka setiap hari dan tidak ada jam buka resmi untuk masuk ke kawasan ini. Namun tiket untuk biaya retribusi buka mulai pukul 07:00 hingga 17:00. Tiket masuk kasawan ini adalah Rp. 10.000,- dan wisatawan bisa memasuki semua pantai di kawasan ini.

Tips Wisata Pantai Timang:

  1. Gunakan pakaian yang nyaman dipakai di liburan di pantai.
  2. Pakailah alas kaki yang enak untuk berjalan di pasir dan bebatuan.
  3. Jangan lupa untuk mengabadikan setiap momen spesial di tempat ini.
  4. Bawa payung atau penutup kepala saat datang di siang hari.
  5. Bawa baju ganti.
  6. Jangan merusak fasilitas di kawasan ini.
  7. Jagalah kebersihan kawasan wisata.