Rumah mewah bisa meliputi segala jenis model yang dibuat dengan anggaran besar. Rumah mewah ini dibuat demi terciptanya hunian berkualitas premium yang menunjukkan selera serta status sosial penghuninya. Ia dapat berupa rumah gaya minimalis, modern, tropis, atau bahkan kayu, tetapi yang dibangun dengan biaya melebihi rumah kelas biasa atau menengah. q-house.org

Rumah mewah biasanya dirancang khusus oleh arsitek profesional demi menjamin kualitas dan cara pengerjaannya. Pemilik rumah bisa memberikan ide-ide yang melambangkan seleranya, apakah gaya istana-istana Eropa, rumah-rumah besar di Beverly Hills, atau lainnya.

Tidak seperti rumah biasa, hunian mewah bisa memiliki segala macam fasilitas tambahan di luar ruangan-ruangan dasar, misalnya kolam renang, lapangan tenis, taman outdoor maupun indoor, garasi luas, bangunan khusus pembantu, gazebo, kamar karaoke, dan sebagainya. Oleh karena itu, ukuran lahannya relatif luas. Namun, meskipun lahan yang tersedia tidak besar, selalu ada pilihan untuk memperluas bangunan ke atas (bertingkat).

Desain rumah mewah memang tidak bisa secara spesifik digambarkan dalam model-model atau konsep-konsep rumah. Rumah mewah memang biasanya dibuat dengan budget yang lebih tinggi dari desain rumah biasanya. Selain itu, kelengkapan, ornamen-ornamen rumah, dan pemilihan material bangunan rumah pun dibuat lebih tinggi dibandingkan dengan rumah-rumah sederhana lainnya.

Hal inilah yang menjadi ciri dan juga gambaran dari rumah mewah yang banyak dipakai oleh kalangan atas (middle-up).