Jogja kaya akan objek wisata budaya dan juga sejarah. Di kota ini bisa ditemui berbagai macam sisa-sisa peninggalan dari zaman kerajaan Mataram Kuno kemudian Mataram Islam dan yang terakhir peninggalan dari Keraton Yogyakarta. Petilasan-petilasan tersebut sebagian masih bisa diselamatkan dan direnovasi sehingga masih dapat dinikmati hingga sekarang. Salah satu petilasan yang masih bisa disaksikan adalah Taman Sari.

Taman Sari merupakan sebuah taman yang dulunya digunakan oleh keluarga dari Keraton Yogyakarta untuk bersantai dan menikmati waktu bersama mereka. Di lokasi ini raja, ratu, selir, beserta putra-putri mereka bisa melakukan berbagai macam hal antara lain berendam, latihan menari, membuat wayang, dan belajar mengenai nilai-nilai keraton. Raja juga bisa menghabiskan waktu berdua dengan istri yang dia inginkan dan meminta istri lainnya untuk mencari buah atau menikmati suasana di dalam taman.

Saat ini Taman Sari sudah tidak berfungsi lagi sebagai tempat mandi keluarga raja. Objek wisata ini telah berganti fungsi sebagai objek wisata. Setelah direnovasi besar-besaran, Taman Sari sudah menjadi lebih cantik dan mempesona. Beberapa bagian bangunan masih dapat disaksikan hingga sekarang. Pengunjung banyak yang datang ke lokasi ini untuk menikmati keindahan arsitekturnya yang merupakan perpaduan dari berbagai macam budaya mulai dari Jawa, Cina, Eropa, dan lainnya.

Lokasi Taman Air Tamansari:

Tamansari berlokasi di Pusat Kota Jogja tepatnya Komplek Wisata Taman Sari, Taman, Patehan, Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya berdekatan dengan Keraton Yogyakarta dan jika memakai kendaraan pribadi diperlukan waktu sekitar 10 menit untuk sampai ke lokasi ini. Jika datang dalam rombongan besar dan membutuhkan bus bisa sewa bus wisata murah Jogja.

Tiket dan Jam Buka Tamansari:

Objek wisata ini buka setiap hari mulai pukul 09:00 hingga 14:00 WIB. Untuk masuk, pengunjung akan dikenakan biaya sebesar Rp. 7.500,- perorang. Karena tikenya yang sangat murah, objek wisata ini bisa menjadi paket wisata murah di Jogja.

Tips wisata di Tamansari:

  1. Kawasan wisata ini terbuka jadi pakailah baju yang enak untuk berkegiatan di luar ruangan.
  2. Gunakan alas kaki yang enak dipakai karena kawasan ini sangat luas.
  3. Bawa penutup kepala jika datang saat siang hari.
  4. Bawa air mineral untuk mengapus dahaga.
  5. Jangan lupa mengabadikan setiap momen penting di tempat ini.
  6. Jagalah kebersihan kawasan wisata.