Kemajuan teknologi dan kebebasan pers telah membawa dunia TV Indonesia melangkah lebih maju. Hal ini ditandai dengan banyaknya stasiun televisi di Indonesia, baik stasiun televisi milik pemerintah maupun stasiun televisi swasta. Sejarah TV Indonesia dimulai pada 1962 dengan berdirinya stasiun televisi pertama milik pemerintah, yaitu TVRI. jadwal tv

Sejak 1962 hingga 1989 atau selama 17 tahun, masyarakat Indonesia hanya dapat menyaksikan satu saluran televisi. Namun, pada 1989, pemerintah memberikan izin untuk mengudara pada RCTI sebagai TV Indonesia swasta pertama di Indonesia. Pada awal mengudara, saluran RCTI hanya bisa diterima oleh antena parabola atau dekorder. Akhirnya, pada 1992, RCTI sudah bisa dinikmati oleh masyarakat banyak menggunakan antene biasa.

Seperti apa perkembangan TV Indonesia dar awal kemunculannya hingga saat ini? Berikut ini penulis akan membahas beberapa stasiun TV Indonesia.

Stasiun TV Indonesia ada 2, yaitu TV berlangganan (berbayar) dan TV free to air (gratis).Saluran TV free to air merupakan stasiun TV yang salurannya dapat ditangkap dengan menggunakan antena UHF/VHF. Berikut ini stasiun TV Indonesiayang dapat ditangkap dengan menggunakan antena UHF dan stasiun TV Indonesia berlangganan.