Mengenal Si Mantel Emas Yang Hampir Punah Dengan Adanya Pemburuan Senapan Angin

Mengenal Si Mantel Emas Yang Hampir Punah Dengan Adanya Pemburuan Senapan Angin – Banyak yang menduga cuma negara Australia saja yang mempunyai kanguru. Kenyataannya, hewan yang mempunyai kantung di perutnya ini (Marsupialia), hidup pun di Indonesia, lebih persisnya di tanah Papua.

Kanguru Papua mempunyai ukuran yang lebih kecil dibanding dengan kanguru Australia. Dari sana ada dua genus kanguru, yakni dendrolagus (kanguru pohon) serta thylogale (kanguru tanah). Kedua-duanya masuk dalam kelompok langka hingga termasuk juga satwa yang dilindungi dari kepunahan.

Sesuai dengan namanya, sebagian besar waktu hidup kanguru pohon dihabiskan di pohon. Meskipun begitu, satwa ini pula seringkali ke tanah, contohnya waktu mencari air minum. Dendrolagus pulcherrimus (kanguru pohon mantel emas) adalah jenis kanguru pohon yang cuma diketemukan di hutan pegunungan Papua.

senapan angin

Kaki hewan ini mempunyai panjang yang sama juga dengan lengannya serta begitu kuat untuk menolong dalam memanjat pohon tempat mereka tinggal. Panjang badan satwa ini seputar 41-77cm, panjang ekor 40-87 cm, serta berat tubuhnya dapat sampai 14,5 kg. Satwa ini suka mengonsumsi dedaunan serta buah.

Spesies ini mempunyai rambut-rambut halus pendek berwarna coklat muda. Leher, pipi serta kakinya berwarna kekuningan. Bagian bawah perut berwarna lebih pucat dengan dua garis keemasan dipunggungnya. Ekor panjang serta tidak prehensil dengan lingkaran-lingkaran terang. Kanguru pohon mantel emas mempunyai warna muka lebih jelas atau merah muda, bahu keemasan, telinga putih serta memiliki ukuran lebih kecil dibanding tipe kanguru pohon Hias.

Sayangnya, kanguru pohon mantel emas adalah salah satunya jenis kanguru pohon yang sangat terancam kepunahan di antara semua kanguru pohon. Spesies ini sudah punah di sejumlah besar daerah habitat aslinya yang diakibatkan pemburuan senapan angin yang sering ada. Berdasar pada data IUCN Redlist status populasi kanguru pohon mantel emas di alam ialah satwa yang mengalami intimidasi urgent (Critically Endangered), satu status mendekati punah di alam (extinct in the wild) sebelum pada akhirnya punah (extinct).

Makin menyusutnya populasi kanguru pohon mantel emas di habitatnya, karena ramainya pembukaan tempat serta perburuan liar jenis dewasanya. Diduga si Mantel Emas ini sudah alami penurunan populasi lebih dari 80% saat 30 tahun paling akhir. Diluar itu, kurangnya pengetahuan penduduk ditempat akan status hewan lucu ini mengakibatkan mereka masih tetap mengincar si Mantel Emas untuk dikonsumsi dagingnya serta seringkali jadikan makanan alternatif babi di acara kebiasaan. memarnashr.com

Akan tetapi, sekarang ini pemerintah daerah bersama dengan penduduk adat berusaha membuat perlindungan hewan berkantung ini. Dengan menyertakan peranan penduduk lokal menjadi partner polisi rimba, menunjukkan jika penduduk kebiasaan dapat mengawasi kelestarian kanguru, penduduk pemilik ulayat juga masih tetap mengawasi wilayahnya dengan baik. senapan angin