Budidaya ikan dengan menggunakan media terpal sebagai kolamnya saat ini telah banyak dipakai oleh para petani ikan termasuk juga untuk keperluan budidaya ikan mas. Budidaya ikan mas tidak hanya memiliki segment pasar lokal namun juga bisa di ekspor karena ikan mas juga banyak dikonsumsi oleh orang luar negeri.

Pemasok utama ikan mas dunia adalah negara Cina dan Jepang, padahal di kedua negara tersebut mengalami kondisi cuaca dingin sedangkan kita di Indonesia dengan lingkungan yang mendukung dan pakan ikan yang melimpah sudah tentu bisa untuk membudidayakan ikan mas.

Ikan mas memiliki nama lain ikan karper atau ikan kancar, ikan tikeu, ikan tombro, ikan raja, ikan tayo dan ikan ameh. Ikan mas sendiri sudah mulai dibudidayakan di Indonesia sejak tahun 1920-an dibawa dari Jepang, Eropa, cina dan Taiwan. Budidaya ikan mas memiliki kelebihan dari peluang pasar yang besar peminatnya, harga jual yang tinggi, bibit ikan mas cepat besar, dan pakan ikan yang mudah didapatkan.

Di Pasar ada berbagai ikan mas yang biasa di jual belikan seperti ikan mas punten, ikan mas lokal, ikan mas yamanto, ikan Mas Taiwan, ikan mas merah, ikan mas sinyonya dan ikan mas Majalaya. Dari banyaknya jenis ikan mas yang paling sering kita temui di pasar adalah jenis ikan mas Majalaya yang dianggap merupakan je nis ikan mas paling unggul dengan biaya budidaya yang paling ekonomis.

Cara Budidaya Ikan Mas

Tips budidaya ikan mas di kolam terpal, ikan mas menyukai tempat di perairan dangkal, dengan suhu optimal untuk pertumbuhannya 25 sampai 30 derajat celcius. Ikan mas siap kawin jika umurnya sudah menginjak usia 1 tahun. Ikan mas masuk dalam kategori ikan pemakan segala atau omnivora sehingga untuk urusan makan ikan mas tidak begitu bermasalah mau pakan alami maupun pakan dari pabrik. Tips untuk air budidaya ikan mas di terpal yaitu kondisi pH air sekitar 7-8 netral ke basa, oksigen yang cukup dan kondisi air yang tidak tercemar oleh bahan kimia berbahaya.

Itulah artikel tentang tips mudah budidaya ikan mas agar cepat besar yang semoga bermanfaat.