Walau Gunungkidul populer dengan barisan pantai pasir putihnya yang memesona, bukan bermakna Gungkidul tidak mempunyai bukit-bukit yang indah. Banyak tempat wisata di Gunungkidul yang tawarkan wisata atas awannya, sebutlah saja Gunung Api Purba komplet dengan Embung Ngelanggerannya, lantas ada Embung Sriten, serta yang belakangan ini seringkali dimaksud ialah Pucuk Kosakora. Menjadi pengantar saja bila kita ingin ke Pucuk Kosakora jadi kita akan melalui Pantai Ngrumput yang ada di bawahnya. Serta Pantai Nrumput sendiri terdapat di samping timurnya pantai Drini. Jadi tidak ada kelirunya kita dapat singgah ke Pantai Ngrumput sekedar untuk main air serta berfoto.

Rute ke arah Puncak kosakora

Puncak Kosakora
Puncak Kosakora

Untuk menuju ke Pucak Kosakora, kalian dapat pergi sendiri ataupun dengan teman travelling kalian. Atau, kalian juga dapat menggunakan jasa travel wisata dari Paket Tour Jogja yang di manage oleh tim Trip Jogja.

Pucuk Kosakora ada di samping timur kurang lebih 2 km dari Pantai Drini. Dari sini kita bias nikmati panorama yang begitu menyejukan mata, dari mulai pantai pasir putih, lautan yang luas, langit biru, serta tidak lupa panorama sunsetnya yang menyejukan. Untuk ke arah Pucuk Kosakora tidak butuh keluarkan kocek banyak, cukuplah membayar 2000 rupiah/orang kita telah bisa nikmati keindahan alam dari atas Pucuk Kosakora.

Baca juga : Wisata Adventure Jogja Hanya di Jogja Bay Pirates Adventure

Rute ke arah Pucuk Kosakora cukuplah gampang, cukuplah berjalan mengarah timur Pantai Drini seputar 2 km, yang kurang lebih memerlukan waktu seputar 30-45 menit. Dari Pantai Drini mesti harus berjalan melalui dua bukit, tetapi bila kamu mujur dengan air panti yang tengah surut, kamu dapat telusuri tepi pantai ke arah pantai Ngerumput, lantas tinggal naik satu bukit, nah disitulah Pucuk Kosakora.

Jika kamu pilih melalui dua bukit, dari Pantai Drini kamu berjalan menulusuri bukit yang nanti kamu akan berjumpa dengan padang sabana. Warga mengatakan dengan ‘Lemah Sangar’, sebab di bukit itu tidak ada benar-benar bangunan, yang ada cuma rumput serta pandan pantai. Dari sana kamu ke arah Pantai Ngerumput , lantas melalui rimbunan padang pandan pantai, lantas sampailah di Pucuk Kosakora.

Jika kamu malas membawa bekal minuman dan makanan, janganlah khwatir, sebab di sini telah tersedai kedai-kedai kecil yang menyiapkan makanan ringan mudah dan minuman-minuman seperti es teh, es jeruk, kopi serta yang lain. Serta buat kamu yang akan menginap di Pucuk Kosakora, dianjurkan tidak untuk membuat api unggun sebab bisa mengakibatkan kerusakan rerumputan. Cukuplah membawa lampu badai atau sentir menjadi penerangan. Janganlah lupa untuk membawa kembali sampah-sampahmu supaya sekitar lingkungan masih terbangun dengan baik.