Berbagai tren terus berubah seiring dengan perkembangan zaman. Salah satu tren tahun 2019 yang harus diikuti adalah tren dunia kerja. Sebagai pelaku bisnis tentu kamu harus bisa tahu dan dapatkan peluang apa yang dikembangkan di tahun ini. Dalam beberapa tahun belakangan ini, generasi millenial menjadi buah bibir. Generasi yang rentang lahir tahun 1997 hingga 2006 dikenal juga dengan digital native yang diketahui akan memberikan arah baru bagi masa depan bisnis.

Seperti halnya kamu yang tentu masih produktif sehingga memiliki semangat tinggi untuk mencoba hal baru. Menjadi seorang mahasiswa tentu sangat perlu mengembangkan diri untuk mendapatkan pengalaman yang nantinya berguna. Mencoba hal baru tentu sangat menyenangkan, seperti halnya mencoba bekerja part time atau freelance.Tren saat ini banyak sekali mahasiswa yang mencari sampingan untuk tambahan uang jajan. Sekarang banyak perusahaan yang sudah membuka lowongan kerja part time semarang. Kamu bisa dapatkan banyak informasi seputar lowongan kerja dengan download aplikasi mamikos di smartphone kamu.

Sebentulnya mengapa cari lowongan kerja part time sangat perlu? Sedangkan itu bukan hal wajib untuk dicoba. Ada beberapa alasan kenapa hal ini perlu, berikut penjelasannya :

Melatih diri agar tidak melulu bergantung dengan orang tua

Di masa mahasiswa seperti saat ini memang masih menjadi tanggung jawab kedua orang tua. Namun tidak ada salahnya juga kamu membantu meringankan beban kedua orang tua. Tren saat ini sudah banyak perusahaan yang membuka sistem kerja part time. Kamu bisa menentukan pilihan pekerjaan apa yang cocok untuk kamu. Walaupun memang tidak seberapa hasil yang kamu dapat tapi lumayan untuk tambahan uang jajan kamu setiap bulannya.

Melatih diri untuk bisa lebih menghargai uang

Masih suka nongkrong namun kurang berfaedah hanya ingin posting di sosial media? Uang jajan membengkak sehingga hidup lebih boros. Nampaknya hal seperti ini bakal dialami oleh para mahasiswa yang selalu menggunakan uang jajannya hanya untung nonkrong ditempat mahal. Saatnya kamu harus lebih bisa menata hidup menjadi lebih hemat dan bisa menabung. Kamu bisa melakukannya dengan bekerja part time. Saat kamu bekerja secara parttime dan terbiasa menerima uang, rasanya harus pikir ulang jika ingin membelanjakan uang tersebut. Kamu akan teringat perjuangan mencari uang dan begitu lelahnya apa yang kamu kerjakan.

Bisa menjadi acuan perusahaan untuk merekrutmu

Sekecil apapun kerjaan yang kamu lakukan pasti pekerjaan itu bisa nambah pengalaman yang tidak ternilai harganya. Pengalaman akan sangat membantu kamu saat melamar kerja nantinya. Dan tentunya kamu tidak akan kesulitan membuat CV karena kamu sudah memiliki bekal pekerjaan part time. Percayalah perusahaan akan memilih calon karyawan yang sudah terbiasa kerja daripada tidak memiliki pengalaman kerja sama sekali.

Dapat meneruskan hobi sembari mendapat uang

Berkembangnya teknologi dan kemudahan dapatkan informasi, saat ini bisa kamu manfaatkan media sosial sebagai lahan mengembangkan bisnismu. Untuk apa kamu gunakan sosial media tanpa memanfaatkan peluang dengan baik. Jika kamu ingin memulai untuk bekerja part time sebagai seorang entrepreneur tentu sah saja. Kamu bisa memulai dengan mengembangkan hobi dan kemampuan yang kamu miliki. Contoh saja jika kamu suka desain baju, kamu bisa buat preorder desain sesuai keinginan customer. Atau kamu suka memasak? Kamu bisa menjual masakanmu dan mengiklankan di instagram. Saat ini sudah banyak yang menggunakan media sosial sebagai ladang pekerjaan. Banyak para entrepreneur yang sukses hanya dengan mengiklankan di media sosial saja. Buatlah postingan yang menarik dan menjual, sehingga orangpun akan tertarik untuk melihat lapak onlinemu.