“Lipstik ini hanya boleh dioleskan ke bibir Mama, karena kalau kamu yang pakai, bibirmu bisa gatal. Sedangkan Mama, karena sudah besar, bibir Mama enggak gatal. Jadi, kamu baru boleh menggunakannya nanti setelah besar.” Beri pengertian bahwa arti berdandan untuk anak artinya antara lain mandi, menggosok gigi, mencuci rambut, memotong kuku, mengenakan pakaian yang rapi, menyisir rambut, memakai bedak tipis untuk anak perempuan, ditambah sedikit wewangian khas anak kalau berkenan. Jadi, ber-make up tidak masuk ke dalamnya.

MEMBERIKAN ALTERNATIF

Jika si balita tak mau menghentikan aksi berdandan ala Mamanya, maka harus dicari alternatif yang serupa dan aman. Barangkali, Mama bisa mulai melihat-lihat produk peralatan make up yang memang dibuat untuk memenuhi keinginan anak dalam mengeksplorasi penampilan wajahnya. Produk-produk seperti ini biasanya dijual di department store yang lengkap atau toko mainan anak yang cukup besar. Jika kelihatannya si kecil hanya ingin mencoba saja, sebenarnya tak perlu Mama membelikan perlengkapan make up khusus anak. Biarkan ia menjajal rasa penasarannya dari make up Mama saja, tetapi dengan catatan tidak sering dan tidak lama. Setelah itu segera dihapus demi menghindari alergi dan kebiasaan dandan berlebihan. Cara ini lebih baik daripada anak terus penasaran dan memainkan peralatan make up orang dewasa tanpa sepengetahuan Mama. Mungkin ia tak hanya mengoleskan lipstik ke bibirnya melainkan juga ke cermin, dinding, lantai, buku, dan sebagainya. Nah, jadi berantakan, kan?

JIKA SI KECIL LAKI-LAKI

Jelaskan bahwa berdandan dengan memakai bedak, pewarna bibir, eye shadow, atau maskara dilakukan oleh perempuan. Gunakan kata-kata sederhana yang mudah dipahami anak. Jika anak melihat kenyataan ada laki-laki yang memakai riasan wajah dan ia menanyakan hal itu, misalnya para penampil di sendra tari tradisional, teater, atau panggung musik, jelaskan bahwa riasan seperti itu hanya dipakai dalam pertunjukan. Itu pun untuk menambah kesan gagah, bukan supaya cantik seperti perempuan. Lalu contohkan cara berdandan ala laki-laki pada umumnya.

Untuk memberikan bekal pengetahuan demi menghadapi tes masuk perguruan tinggi, berikan anak pelatihan di kursus tes masuk universitas luar negeri. Sehingga anak tidak canggung saat tes dan bisa mengerjakan semua soal tes dengan benar.