Bagi kamu siswa dan siswi SMP atau SMA mungkin sedang stress-stressnya ya? hehe. Mengingat, ujian penentu dalam tiga tahun masa belajarmu akan berakhir di tahun ini.  Apalagi adanya UN atau Ujian Nasional makin membuat deg-degan. 

Oleh sebab itu, untuk menghadapi UN tentu perlu adanya strategi agar kamu bisa sukses menghadapi ujian nasional nanti.  Menerapkan strategi yang tepat dalam menjawab soal, dapat memaksimalkan nilai kamu saat UNBK.

Pasalnya jika kamu belum berpengalaman dalam menjawab soal UNBK, dapat  mempengaruhi nilai kamu. Sebaiknya kamu sering berlatih mengikuti simulasi UNBK agar terbiasa dalam menghadapi soal UNBK. 

Selama ujian berlangsung ada durasi batasan waktu dalam mengerjakan soal. Nah, untuk memaksimal waktu pengerjaan soal UNBK yang kadang terasa sangat cepat, ini membutuhkan strategi dalam menjawabnya.

  • Siapkan niat dan mental yang kuat

Langkah awal yang harus kamu lakukan saat menghadapi ujian nasional adalah dengan melakukan niat yang tulus. Sebab, dengan cara ini, UN yang dihadapi akan dikerjakan dengan maksimal. DItambah, denga mental yang kuat, dijamin, sesusah apapun soal yang ada pasti bisa ditemukan jawabannya. Jadi, sesuatu yang niat dan diimbangi dengan ketulusan itu baik! hehe

  • Berkonsentrasi saat belajar

Salah satu kiat belajar efektif menjelang UNBK adalah berkonsentrasi saat menerima pelajaran. Kamu perlu, loh, berkonsentrasi agar materi yang dijelaskan oleh guru dapat dimengerti. Cobalah belajar aktif dengan merangkum materi yang diberikan guru dengan kalimat kamu sendiri. Yang terpenting, jika kamu tidak mengerti bertanyalah kepada guru.

  • Mengikuti bimbingan belajar tambahan. 

Dalam menghadapai UN tak ada salahnya bila kamu mengikuti les tambahan. Saat ini, sudah beragam pilihan tempat bimbel. Salah satunya yang kini sedang ngetren adalah dengan aplikasi bimbel online. 

Nah, salah satu aplikasi bimbel online yang bisa kamu pilih adalah ruangguru. Di ruanguru, kamu bisa mengakses dan mendaftar hanya dengan gagdet milikmu. Selain itu, aplikasi bimbel online ruangguru juga sangat fleksibel. Sebab, kita bisa belajar di mana saja dan kapan saja, tanpa harus datang ke tempat les. 

Selain itu, aplikasi bimbel online ruangguru juga memiliki fitur belajar yang menarik. Di Aplikasi bimbel online ruangguru kita bisa belajar dari berbagai video dengan visual yang menarik, sehingga tidak bosan dan mudah dimengerti materi yang diajarkan. 

  • Jaga kesehatan

Untuk hal ini, tentu sangatlah penting. Sebab,jika tubuh tidak fit, sudah pasti kamu akan kewalahan dalan menghadapi UN yang sudah di depan mata. Jadi, jaga kondisi kapan pun dan di mana pun kamu berada. 

  • Doa dan restu orang tua

Satu hal yang tidak kalah penting agar kamu sukses dalam Ujian Nasional adalah dengan doa dan restu orang tua. Bedoalah sebelum dan setelah mengerjakan soal-soal UN. Juga,mintalah doa dan restu orang tuamu agar kamu dimudahkan  dalam mengerjakan soal-soal yang ada.